Tata Cara, Doa Dan Niat Sholat Istikharah Minta Petunjuk Lengkap

Advertisement
Advertisement
Tata Cara, Doa Dan Niat Sholat Istikharah Minta Petunjuk Lengkap - Sholat istikharah merupakan salah satu cara yang paling baik di lakukan oleh seluruh manusia khususnya umat muslim ketika di hadapkan dengan beberapa pilihan yang masih di ragukan dalam menentukan yang terbaik, bahkan ketika di hadapkan dengan satu tujuanpun alangkah bagusnya jika melaksanakan sholat ini agar bisa mendapatkan yang lebih maksimal khusus untuk kehidupan, misalnya seperti jodoh, pekerjaan dan lain sebagainya.

Tiadak ada hal yang lebih sempurna kecuali yang telah di syariatkan dalam agama islam dan di ajarkan oleh nabi saw termasuk salah satunya adalah sholat istikharah untuk memohon petunjuk, sedikit perlu di ketahui bahwasanya segala sesuatu yang ada di muka bumi ini termasuk problem yang terjadi dalam kehidupan umat manusia sehari-hari tidak akan lepas dari genggaman allah sang maha pemilik satu-satunya, jadi hal yang sangat fatal dan salah jika meminta petunjuk kepada selainnya.

Dalam waktu mengerjakan sholat istikharah tidak terdapat saat-saat yang di tentukan sebagai mana shalat lainnya misalnya tahajud, bolah di lakukan kapan dan di manapun, namun menurut sebagan pendapat ulama alangkah baiknya di kerjakan pada malam hari dan ini termasuk waktu yang di utamakan.

Tata Cara, Doa Dan Niat Sholat Istikharah Minta Petunjuk Lengkap

Sedangkan untuk tata cara pelaksanaannya sama sekali tidak ada perbedaan dengan yang lainnya baik itu gerakannya atau bacaannya, hanya terdapat sedikit saja yaitu pada bacaan niatnya saja. Sementara untuk jumlah rakaatnya yaitu cukup dua rakaat. Dan berikut panduan secara lengkapnya.

Niat Sholat Istikharah

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatan tahajudi rakataini mustaqhbilal qiblati lillahi ta'aala

Artinya : Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala

Niat ini di bacakan bebarengan dengan takhbirotul ikhram dan di ucapkan (di hadirkan) di dalam hati karena tempatnya niat itu di hati. Jika telah selesai di lanjut pada rat fatihah kemudian membaca salah satu surat dari al-qur'an, boleh embaca surat apa saja yang di fahami namun lebih di anjurkan surat al-kafirun yang di lanjut pada surat al-qashash ayat 68-69 sebanyak tujuh kali bacaan yang bunyinya :

وَرَبُّكَ يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ وَيَخْتَارُ مَا كَانَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ سُبْحَانَ اللَّهِ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ

Sementara pada rakaat kedua di utamakan membaca surat al-ikhlas yang di sambung dengan surat al-ahzab ayat 36 sebanyak 7 kali bacaan yang bunyinya :

وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلالا مُبِينًا

Jika telah selesai melakukannya hingga salam di lanjutkan dengan membacakan doa sholat istikharah yang mana bacaannya sebagai berikut.

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَخَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْلِى الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ.

ALLOOHUMMA INNI ASTAKHIIRUKA BI'ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDROTIKA WA AS ALUKA MIN FADHLIKAL 'ADZHIIMI. FAINNAKA TAQDIRU WALAA AQDIRU WALAA A'LAMU WA ANTA 'AL-LAAMULGHUYUUBI. ALLOOHUMMA INKUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO KHOIRUN LII FII DIINII WAMA'AASYII FAQDURHU LII WA YASSIRHU LII TSUMMA BAARIKLII FIIHI WA INKUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO SYARRUN LII FII DIINII WA MA'AASYII WA 'AAQIBATI AMRII WA 'AAJILIHI FASHRIFHU 'ANNII WASHRIFNII 'ANHU WAQDURLIL KHOIRO HAITSU KAANA TSUMMA RODH-DHINII BIHI.

Artinya : Wahai Allah, bahwasanya aku mohon pilihan olehMu dengan ilmu-Mu, dan mohon kepastian-Mu dengan kekuasaan-Mu, serta mohon kepada-Mu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, karena Engkaulah Dzat yang berkuasa, sedang aku tiada kuasa, dan Engkaulah Dzat Yang Maha Mengetahui, sedang aku tiada mengetahui, dan Engkaulah Dzat yang mengetahui yang ghoib. Wahai Allah, jika adanya, Engkau ketahui bahwa urusan ini ........ adalah baik bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibat urusanku untuk masa sekarang maupun besoknya, maka kuasakanlah bagiku dan permudahkanlah untukku, kemudian berkahilah dalam urusan itu bagiku. Namun jikalau adanya, Engkau ketahui bahwa urusan itu ......... menjadi buruk bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibatnya persoalanku pada masa sekarang maupun besoknya, maka hindarkanlah aku dari padanya, lalu tetapkanlah bagiku kepada kebaikan, bagaimanapun adanya kemudian ridhoilah aku dengan kebaikan itu.

Setelah selesai membacakan doa alangkah baiknya jika langsung tidur di tempat di mana kita sholat karena biasanya tanda-tandanya akan datang pada mimpi. Dan perlu di ketahui pula kerjakan lah sholat istikharah ini hingga beberapa kali atau bisa juga sampai 7 kali, jika di kerjakannya malam hari maka 7 malam pula melakukannya.

Advertisement