Tata Cara Sholat Jenazah Laki-Laki Wanita Beserta Bacaannya

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Sholat Jenazah Laki-Laki Wanita Beserta Bacaannya - Salah Satu kewajiban yang harus di kerjakan oleh umat muslim ketika ada saudaranya yang meninggal ada mensholatkannya dan hukumnya termasuk pada fardlu kifayah dalam arti jika di suatu daerah atau kampung tersebut tidak ada yang melaksanakannya maka dosa semuanya tetapi jika sebagian atau salah seorangnya mengerjakan maka gugur dosa tersebut.

Tetapi sebelum mayat atau mayit tersebut di sholatkan ada ketentuan-ketentuan yang harus di laksanakan terhadap jenazah tersebut yang harus di lakukan bagi orang yang hadir di sana di antaranya mandikannya dan mengkafaninya dalam arti mayat tersebut sebelum di sholati harus dalam keadaan bersih dan sudah terbungkus.

Mengenai tata cara pelaksanaan sholat jenazah berbeda dengan sholat pada umumnya yitu tidak adanya ruku, sujud, i'tidal dan tahiyat. Cukup hanya berdiri saja dan melakukan takhbir 4 kali. Bahkan di sini tdak terdapat jumlah rakaat dan bacaan surat al-quran hanya fatihah saja dan doa lainnya.

Tata Cara Sholat Jenazah Laki-Laki Wanita Beserta Bacaannya

Sedangkan posisi imam dalam sholat jenazah yaitu jika mayatnya laki-laki si imam harus berada di sebelah kepalanya tetapi jika perempuan maka berada di tengah-tengahnya atau bagian pinggangnya dan ini merupakan ketentuan dalam syariat. Dan berikut adalah tatacara beserta bacaan niat sholat jenazah dan takbirnya secara lengkap.

1. Berniat sholat jenazah atau mayat Sambil Takhbirotul Ikhram.

Untuk Imam

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli 'ala hadzal mayyiti arba'a takhbirotinfardho kifayatin imaaman lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat shalat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah menjadi imam karena Allah Ta’ala.

Jika Mayitnya Laki-Laki

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli 'ala hadzal mayyiti arba'a takhbirotinfardho kifayatin ma'muman lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat shalat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah karena menjadi makmum karena Allah Ta’ala.


Jika Mayit (Jenazah) Perempuan

اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli 'ala hadzal mayyitati arba'a takhbirotinfardho kifayatin Ma'muman lillahi ta'aala.

Artinya : Saya niat shalat atas mayit perempuan ini empat kali takbir fardhu kifayah karena menjadi makmum karena Allah Ta’ala.

Untuk Mayat / Jenazah Anak Laki-Laki

اُصَلّىْ عَلىَ هَذَا مَيِّتِ الطّفْلِ اَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ فَرْضَ اْلكِفَايَةِ مَأمُوْمًا/اِمَامًا لِلهِ تَعَالىَ

Untuk Mayat / Jenazah Anak Perempuan

اُصَلّىْ عَلىَ هَذِهِ مَيِّتَةِ الطّفْلَةِ اَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ فَرْضَ اْلكِفَايَةِ مَأمُوْمًا/اِمَامًا لِلهِ تَعَالى

2. Melakukan Takhbir Lagi Yang kemudian di lanjut membaca surat Fatihah di awali bacaan taudz

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم

A'udzubillahi minasyaitonir rozim

Sampai Akhir Surat Fatihah.

3. takhbir Lagi Kemudian di lanjut membaca shalawat kwpada nabi :

أللهم صَلِّ علي محمد وعلي ألِ محمد كما صَلَيْتَ علي إبراهيم وعلي أل إبراهيم وبارِكْ علي محمد وعلي أل محمد كما باركت علي إبراهيم وعلي ألإبراهيم في العالمين إنك حميد مجيد

ALLAAHUMMA SHALLI 'ALAA MUHAMMADIN, WA 'ALAA AALI MUHAMMADIN, KAMAA SHALLAITA 'ALAA IBRAAHIIMA, WA 'ALAA AALI IBRAAHIIMA. WA BAARIK 'ALAA MUHAMMADIN, WA 'ALAA AALI MUHAMMADIN, KAMAA BAARAKTA 'ALAA IBRAAHIIMA, WA 'ALAA AALI IBRAAHIIMA. FIL 'AALAMIINA INNAKA HAMIIDUM MAJIID.

'Ya Allah, berilah rahmat kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung. Berilah berkah kepada Muhammad dan keluarganya (termasuk anak dan istri atau umatnya), sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.


4. Setelah selesai membaca shalawat lalu takhbir lagi yang kemudian di lanjut membaca doa :

اللهم اغْفِرْ لَهُ وارْحَمهُ وعافِهِ واعفُ عنه وأَكْرِمْ نُزولَهُ ووسِّعْ مَدخلَهُ واغْسِلْهُ بِماءٍ وثَلْج وبَرَدٍ ونَقِهِ من الخَطايا كما يُنَقَي الثَوبُ الأَبْيَضُ مِنِ الدَنَسِوأَبْدِلْهُ دارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وأَهْلًا خَيْراً من أهلِهِ وَزَوْجًا خَيْراً مِن زَوْجِهِ وَقِهِ فِتْنَةَ القَبْرِ وعَذَابَ النارِ

ALLAAHUMMAGHFIRLAHU, WARHAMHU, WA 'AAFIHI, WA'FU 'ANHU, WA AKRIM NUZUULAHU, WA WASSI' MADKHALAHU, WAGHSILHU BIMAA-IN WATSALJIN WABARADIN, WANAQQIHI MINAL KHATHAAYAA KAMAA YUNAQQATS TSAUBUL ABYADHU MINADDANASI, WA ABDILHU DAARAN KHAIRAN MIN DAARIHI, WA AHLAN KHAIRAN MIN AHLIHI, WA ZAUJAN KHAIRAN MIN ZAUJIHI, WAQIHI FITNATAL QABRI WA'ADZA BANNAR.

Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, maafkanlah dia, ampunilah kesalahannya, muliakanlah kematiannya, lapangkanlah kuburannya, cucilah kesalahannya dengan air, es dan embun sebagaimana mencuci pakaian putih dari kotoran, gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik, gantilah keluarganya dengan keluarga yang lebih baik, gantilah istrinya dengan isri yang lebih baik, hindarkanlah dari fitnah kubur dan siksa neraka.

5. Melakukan takhbir lagi yang di lanjut membaca

اللهُمّ لاتَحرِمْنا أَجْرَهُ ولاتَفْتِنّا بَعدَهُ

Ya Allah, janganlah Engkau haramkan Kami dari pahalanya, dan janganlah Engkau beri fitnah pada kami setelah kematiannya.

6. Salam

Sampai di sini maka kita sudah sempurna dengan melaksanaka tata cara sholat jenazah dengan baik. Jika telah selesai salam maka bisa di tutp juga doa yang kalian mampu, tapi ini biasanya di pimpin langsung oleh imam. Mudah-mudahan meskipun hanya sekilas tapi besar manfaatnya.

Advertisement